Banyak
pemilik bisnis yang ingin menjalankan bisnis dengan klien sebanyak
mungkin, baik bagi mereka yang baru saja memulai bisnis mereka maupun
mereka yang telah menjalankan bisnis untuk waktu yang lama. Kurangnya
jumlah klien sebenarnya lebih disebabkan karena mereka tidak sepenuhnya
memanfaatkan semua aset yang mereka miliki untuk mencapai hasil yang
diinginkan.
Untuk meningkatkan keuntungan bisnis tidak hanya
dipenuhi oleh menarik lebih banyak klien saja. Ada beberapa alasan lain
mengapa bisnis tidak menghasilkan uang sebanyak yang seharusnya. Tidak
memiliki klien yang cukup hanya salah satu alasan.
Berikut adalah beberapa ide yang bisa dimiliki untuk meningkatkan
penghasilan. Ide-ide dibawah dilakukan dengan cara menggali
potensi-potensi keuntungan yang sudah ada namun masih tersembunyi.
Fokuskan waktu Anda pada hal-hal penting. Jika Anda
tidak memiliki cukup waktu untuk meningkatkan bisnis, maka Anda harus
mempertimbangkan untuk menyewa seseorang untuk membantu Anda. Meski pun
harus mengeluarkan biaya tambahan, tetapi bisa menyelamatkan bisnis Anda
bahkan meningkatkan keuntungan Anda.
Menjalankan bisnis membutuhkan banyak pekerjaan. Jadi biarkan
karyawan menangani isu-isu sehari-hari. Tugas Anda mengurus
pekerjaan-pekerjaan yang penting saja seperti strategi pengembangan
untuk pertumbuhan saat ini dan masa depan. Menyisihkan satu jam setiap
minggu untuk brainstorming ide-ide, menerapkan strategi, dan memelihara
hubungan bisnis yang utama.
Melakukan intelijen kompetitif pada bisnis lain,
Terutama orang-orang yang sukses dan kemudian meniru mereka. Ini tidak
berarti menyalin atau menjiplak apa yang mereka lakukan. Ambil bagian
yang terbaik dari pesaing bisnis Anda dan menerapkannya untuk Anda
sendiri. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga agar Anda tidak
menutup mata pada kompetisi, terlepas dari sifat bisnis Anda.
Jika anda menjalankan sebuah restoran, misalnya, Anda harus memeriksa
layanan dan menawarkan harga yang kompetitif. Dengan melakukan riset
kecil pada bisnis lain, Anda akan dapat mengatur kembali, meningkatkan
layanan Anda, menyesuaikan harga yang kompetitif, serta memperkenalkan
menawarkan produk/jasa baru pada klien Anda. Dengan mengetahui apa yang
pesaing Anda lakukan, Anda akan selalu satu langkah di depan mereka.
Kurangi pengeluaran laba kotor Anda untuk overhead dan pemasaran yang tidak efektif.
Sewakan ruang yang tidak digunakan. Mempekerjakan tenaga penjualan
dengan komisi yang lebih tinggi bukan gaji pokok yang tinggi. Menguji
dan mengukur kampanye pemasaran yang efektif sebelum sebelum melakukan
kampanye besar-besaran.
Daripada bersaing harga, lebih baik mengembangkan keunggulan strategis utama. Tekankan kualitas yang membuat bisnis Anda menonjol dan membuat positioning baru dalam industri. Cari tahu apa yang sebenarnya penting bagi klien Anda.
Bicara dengan klien dan mencari tahu apakah mereka senang atau tidak.
Minta saran. Pelanggan puas tidak akan kembali, sedangkan klien senang
akan merujuk orang lain.
Pelihara klien yang ada. Selain memperoleh pelanggan
baru, Anda juga harus memelihara dan mempertahankan klien yang sudah
ada. Pastikan mereka senang dengan layanan yang Anda berikan. Perhatikan
keinginan, kebutuhan, dan keluhan mereka. Hal ini sangat penting untuk
membangun dan memelihara hubungan baik dengan klien Anda. Merekalah yang
akan menjadi bisnis Anda bertahan.
Banyak perusahaan yang mendorong untuk menjual lebih banyak kepada
klien yang sudah ada. Ini akan mneingkatkan fundamental bisnis Anda
dengan cara meningkatkan nilai seumur hidup dari klien (the lifetime value of a client).
Hal ini juga akan membawa klien baru, karena mereka tertarik dengan
pengalaman positif dari klien yang senang dengan pelayanan Anda. Anda
menurunkan biaya melalui pemasaran word-of-mulut dan ini juga menambah keuntungan bisnis.
Menjual produk/jasa lain. Menjual produk atau jasa
tambahan adalah metode yang bagus untuk meningkatkan profit. Misalnya,
toko kelontong di tempat strategis banyak yang menjual majalah dan
makanan ringan di dekat kasir. Dengan cara ini, Anda meningkatkan
rata-rata penjualan per orangnya. McDonald’s juga melakukan cara ini.
Hanya dengan mengajukan pertanyaan sederhana untuk menawarkan produk
lain (makanan pelengkap, kentang goreng, produk, atau cendra mata).
“Kentang gorengnya pak?”
Meningkatkan periklanan Anda. Iklan yang mahal
tetapi jika hal itu bekerja dengan baik, uang pasti akan kembali kepada
Anda. Anda juga dapat mencoba untuk mengambil manfaat sebesar mungkin
dari iklan gratis. Dapatkan hasil maksimal dari promosi dan penawaran
terbatas, terutama di sekitar hari-hari libur.
Carilah nasehat bisnis. Memiliki seperangkat
strategi bisnis dapat membantu Anda lebih lanjut, dengan cara
menyediakan Anda pilihan metode baru yang paling efisien untuk
meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Untuk menjalankan bisnis secara
efektif dalam jangka panjang, kebanyakan perusahaan akan menggunakan
beberapa strategi untuk diversifikasi sumber-sumber yang mengarahkan dan
memaksimalkan keuntungan mereka melalui pemasaran yang cerdas,
membangun tim, dan manajemen proses bisnis.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)