Labelsss

Rabu, 11 Januari 2012

Definisi Bisnis Modal Dengkul

modal dengkulApa itu bisnis modal dengkul? Banyak yang mendefinisikan sebagai bisnis tanpa modal, modal uang maksudnya. Tentu saja, memang ini yang dimaksud dengan bisnis modal dengkul. Jika kita tidak menggunakan uang, bagaimana bisa menjalankan bisnis? Bukankah bisnis memerlukan biaya agar berjalan?
Tentu saja. Oleh karena yang dimaksud dengan modal uang disini ialah bukan modal uang sendiri. Kita tidak mengeluarkan uang atau dengan jumlah yang sangat sedikit.
Lalu uang dari mana? Minjam ke bank? “Ah susah dan beresiko”. Tidak, tidak selamanya harus meminjam uang ke bank, masih ada cara lain yang bisa digunakan selain meminjam ke bank. Apa saja?

Menggunakan Modal Orang Lain
Mungkin, Anda pernah mendengar dengan istilah OPM (other people’s money). Jadi uang tidak selamanya dari bank, bisa dari saudara, orang tua, teman, atau siapa pun yang mau memberi pinjam kepada Anda. Bagaimana caranya? Anda harus memiliki kemampuan menjual ide Anda sehingga Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Jika orang sudah percaya, mereka akan lebih mudah memberi pinjaman kepada Anda.
Jika Anda masih mengalami kesulitan, jangan nyalahin orang lain. Tetapi perbaiki diri sendiri agar pantas dan dipercaya untuk mendapatkan pinjaman modal. Ada dua penyebab kenapa Anda tidak diberi modal. Orang tidak percaya kepada Anda dan yang kedua tidak percaya pada bisnis Anda. Jadi selain memperbaiki diri sendiri, perbaiki juga ide dan rencana bisnis Anda. Jadi ide bisnis yang brilian itu penting. Insya Allah akan saya bahas pada artikel lain.
Perlu diingat, bahwa yang dimaksud modal, tidak selamanya dalam bentuk uang. Modal itu bisa tempat, alat, dan aset lainnya yang diperlukan untuk memulai bisnis.

Menggunakan Modal Sendiri
Lho koq? Modal tidak selamanya uang. Jika Anda tidak punya uang atau tidak mau mengeluarkan uang, maka Anda bisa menggunakan modal yang Anda miliki selain uang. Jika Anda punya barang, tempat, alat, keterampilan, ilmu, pengalaman, dan aset lainya, semua bisa digunakan sebagai modal awal Anda menjalankan bisnis.
Agar aset Anda berguna, Anda perlu menggunakan kekuatan daya ungkit. Dengan menggunakan kekuatan daya ungkit aset yang Anda miliki bisa menjadi lebih bernilai atau aset Anda bisa dijadikan alat ungkit aset lainnya.
Jadi, bisnis modal dengkul adalah bisnis yang menggunakan aset, selain uang, baik yang ada pada diri orang lain maupun pada diri sendiri. Jika Anda tahu caranya, tidak ada alasan untuk tidak memulai bisnis jika Anda mau.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Comments
0 Comments

0 Komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca postingan.
Komentar anda sangat berguna bagi kemajuan blog ini,
Terima Kasih atas kunjungannya, selamat datang kembali.

Next Prev home