Labelsss

Senin, 11 Juni 2012

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Bagaimana agar Laptop tidak cepat panas?
Pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pengguna laptop / Notebook / Netbook, dsb.
Dan berikut tips dan caranya agar laptop tidak cepat panas.
Cara ini adalah cara yang paling umum, tapi pemakaian cooling pad kurang berpengaruh. cooling pad yg paling murah paling hanya menurunkan temperatur cpu 1-5C.

Biasanya klo laptop udh lama dipake, maka debu akan numpuk di kipas & heatsink. debu akan menghalangi hembusan udara panas keluar, jadi cpu ente akan seperti di gurun pasir. hahaha

stelah bersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih bagus. kalo ente ganti thermal paste tapi heatsink berdebu atau kipas tidak berjalan normal, gak bakal ada efek-nya!

Suhu ruangan sangat berpengaruh terhadap panas laptop. Mendingan nyalain laptop-nya di deket kutub utara aja. hahaha Karena ane pake laptop di ruangan non-AC, jadi ane ga bisa terlalu banyak berharap dari sini.

Nah, cara yg ini langsung mengurangi panas di CPU sendiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan semua point di atas. hahaha
Apa sih Undervolt itu? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama sekali.
Yang mempengaruhi performance adalah Overclock dan Underclock.

Undervolting tidak sama dengan Underclocking zzz..Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot-repot menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil dan tinggi ke setiap chip. Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi.
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah.

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap-tiap multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi Speedstep, daripada CPU bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock CPU secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst).

*Tambahan: Jangan main laptop diatas kasur, bantal atau tempat yang empuk yang lain, karena akan membuat suhu laptop bertambah panas secara berlebihan!

Berikut tips atau cara mengatasi agar laptop tidak cepat panas, mungkin ada yang mau menambahkan?
Silahkan tambahkan melalui komentar dibawah.

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  
Comments
5 Comments

5 Komentar:

  1. Balasan
    1. Pakein aja fan kapal selem, adem itu pasti. hahaha

      Hapus
  2. Bermanfaat bruuuurrr.
    Nais inpoh, tengs inpoh

    BalasHapus
  3. Nice Posting sob :D

    Terimakasih atas informasinya :)

    jangan lupa kunjungi balik web kami di

    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar setelah membaca postingan.
Komentar anda sangat berguna bagi kemajuan blog ini,
Terima Kasih atas kunjungannya, selamat datang kembali.

Next Prev home